POHON
MASALAH
1. Pengertian Pohon Masalah
Pohon
Masalah atau sering disebut tree diagram, merupakan teknik
untuk memecahkan konsep apa saja, seperti kebijakan, target, tujuan,
sasaran, gagasan, persoalan, tugas-tugas, atau aktivitas-aktivitas secara lebih
rinci ke dalam sub-subkomponen, atau tingkat yang lebih rendah dan rinci. Pohon
Masalah dimulai dengan satu item yang bercabang
menjadi dua atau lebih, masing-masing cabang kemudian bercabang lagi menjadi
dua atau lebih, dan seterusnya sehingga nampak seperti sebuah pohon dengan
banyak batang dan cabang.
Pohon Masalah juga menggambarkan
rangkaian hubungan sebab akibat dari beberapa faktor yang saling terkait. Pohon
Masalah umum di gunakan pada tahap perencanaan.
Teori-teori yang menyimpulkan
Definisi Pohon Masalah antara lain :
a. Miller dalam
Scarvada (2004) Menggunakan islitalah Issue
Trees. Miller Menyatakan Issue Trees merupakan pendekatan yang membantu
merinci suatu masalah kedalam komponen-komponen penyebab utama dalam rangka
menciptakan rencana kerja proyek.
b. Silverman
(1994) menggunakan istilah Tree Diagram dan
menyatakan diagram sistematik atau diagram pohon dirancang untuk mengurutkan
hubungan sebab-akibat.
c. Modul Pola
Kerja Terpadu (2008) Menggunakan istilah Pohon Masalah yang merupakan bagian
dari analisi pohon. Analisis Pohon adalah suatu langkah pemecahan masalah
dengan mecari sebab dari suatu akibat.
2. Manfaat Pohon Masalah
Sebagai
pemecah pemecah konsep apa saja, Pohon Masalah mempunyai banyak kegunaan. Pohon
Masalah dapat mendeteksi apa itu penyebab masalah serta akibatnya, Pohon
Masalah juga dapat mendekatkan isu-isu yang berhubungan dengan konsep masalah
yang bisa membantu dalam menganalisis sebab dan akibatnya masalah tersebut.
Teori-teori yang menyimpulkan
Manfaat Pohon Masalah antara lain :
a. Duffy, dkk.
(2012) menyatakan Tree Diagram merupakan
suatu alat generik yang dapat diadaptasikan untuk berbagai maksud yang luas
diantaranya :
·
Mengembangkan langkah-langkah logis untuk mencapai
hasil yang spesifik.
·
Melakukan analisis five
whys dalam mengeksplorasi penyebab.
·
Mnengkomunikasikan untuk mendorong keterlibatan dalam
pengembangan hasil yang didukung bersama.
·
Menggali pada level yang lebih rinci suatu alur
proses.
·
Menggambarkan secara grafik suatu perkembangan
hirarkis, seperti silsilah atau skema klasifikasi.
3. Prosedur Membuat Pohon Masalah
a. Buat draft pernyataan sasaran (goal statement)
Buat suatu pernyataan sasaran,
proyek, rencana, masalah, atau persoalan lain yang sedang diselidiki.
Tulis persoalan tersebut pada bagian paling atas (untuk tree
diagram vertikal) atau pada bagian paling kiri (untuk tree
diagram horizontal).
b. Buat team yang tepat
Team harus
terdiri dari dari orang-orang yang mampu berpikir analitis (bukan kreatif), dan
harus memiliki pengetahuan rinci terkait topik sasaran yang sedang dibahas
termasuk keahliannya dalam memecah masalah ke tingkat yang lebih rinci.
Idealnya ukuran team berkisar antara 4-6 orang.
c. Buat sub-sub sasaran
Lakukan curah pendapat (brainstorming)
untuk membuat batang pertama tree diagram. Hal ini berarti membuat
rencana aksi (action plan) apa pada tingkat/level pertama agar
pernyataan sasaran dapat tercapai. Terus ulangi hal ini pada level-level
berikutnya yang lebih rinci sampai mendapatkan elemen fundamental seperti:
tindakan spesifik yang dapat ditugaskan, komponen yang tidak dapat
dibagi lagi, akar penyebab, atau sampai team mencapai batas
keahlian mereka.
Jika kita telah membuat affinity diagram atau interrelationship diagram sebelumnya,
kita dapat mengambil gagasan-gagasan dari sana. Tulis gagasan atau
rencana aksi tersebut di bawah pernyataan pertama (untuk pohon vertikal) atau
di sebelah kanan pernyataan pertama (untuk pohon horizontal). Tunjukkan
hubungan antara level tersebut dengan garis panah.
d. Lakukan peninjauan
Lakukan pemeriksaan secukupnya
sesuai dengan yang dibutuhkan pada setiap level, gunakan pertanyaan-pertanyan
seperti berikut:
- Apakah
ada hal-hal yang terlupakan?
- Apakah
item pada setiap level telah cukup menjelaskan level diatasnya?
- Apakah
item pada setiap level memang benar-benar perlu dilakukan untuk level
diatasnya?
- Apakah
tugas-tugas yang dihasilkan mengarah pada pencapaian sasaran?
4.
Informasi Penting
a. Pohon
Masalah akan memudahkan kita dalam pencarian Pencerahan Masalah dalam suatu
masalah yang kita hadapi.
b. Pohon
Masalah mempunyai hasil yang spesifik dalam menunjukkan Pencerahan Masalah
5.
CONTOH KASUS
Laporan PKL Saudara Karimin Syahrin
Yang Berjudul
SISTEM INFORMASI KANTOR TATA USAHA
PADA FAKULTAS TEKNIK
BERBASIS WEB
1.
Masalah
Saat
ini kondisi Kantor Tata Usaha Fakultas Teknik Prodi Teknik Informatika yang
sedang berlangsung banyak hal yang berkaitan mengenai inventaris umum, berupa
surat, barang, ATK serta pengarsipanya hal itu sangat di butuhkan informasinya
oleh seluruh jajaran Fakultas Teknik, Bagian-bagian yang membutuhkan informasi
harus di sampaikan secara langsung harus berhadapan dengan pihak-pihak yang
membutuhkan informasi tersebut dan butuh waktu dalam penyampaiannya, tapi hal
itu sangat merepotkan , sering kali informasi yang di sampaikan kurang akurat
dengan ketentuannya.
2.
Latar Belakang Maslah
Fakultas
Teknik berdiri pada Tanggal 11 Juli 2007, sesuai dengan SK DIKTI No.
144/D/O/2008, tentang izin penyelenggaraan yang atas satu jurusan tersebut
yaitu : Jurusan Teknik Informatika, yang merupakan salah satu Prodi di
Universitas Gajah Putih Takengon yang
selalu berperan aktif mengukir sejarah perjuangan bangsa, mengabdikan
diri bagi kepentingan tanah air melalui darma pendidikan yang membangun manusia
sebagai pribadi, warga masyarakat, warga bangsa, warga negara maupun warga
masyarakat dunia serta melaksanakan darma penelitian dan pengabdian pada
masyarakat.
3.
Tujuan
Tujuan
dari Praktek Kerja Lapangan ini adalah :
a. Membuat
sebuah sistem informasi dalam penyajian surat masuk maupun surat keluar.
b. Meningkatkan
cara kerja pada Kantor Tata Usaha Fakultas Teknik den agar lebih mudah dalam
pendataan surat, barang, serta pengarsipanya.
c. Membuat
sistem pemesanan barang pada Kantor Tata Usaha Fakultas Teknik agar lebih
mudah.
4. Hasil
Hasil
Dari Peraktek Kerja Lapangan Saudara Karimin Syahrin yang berjudul SISTEM
INFORMASI KANTOR TATA USAHAPADA FAKULTAS TEKNIKBERBASIS WEB, mendapatkan hasil
yaitu :
Memudahkan
urusan yang berkaitan dengan inventaris umum, berupa surat, barang, ATK serta
pengarsipanya. Karena dengan adanya Sistem Informasi yang Berbasis Web ini para
Staf Akademik akan mudah mendapatkan Informasi dari Problem di atas, tanpa
harus membutuhkan waktu dalam
pencariannya dan pengambilannya.
{ 2 komentar... read them below or add one }
mantap
Caesars Casino Promo Codes for Dec 2021
Caesars welcomes those that are 18 years 논산 출장마사지 of age or older to our site. Players 18 and 의왕 출장안마 over can enjoy 천안 출장샵 the best in online 여수 출장안마 gaming at Caesars Rating: 구리 출장샵 4 · Review by DRMCD
Post a Comment