Pohon Masalah (Teknik Riset)

Diposkan oleh Unknown on Thursday, 24 October 2013

POHON MASALAH
1.      Pengertian Pohon Masalah
Pohon Masalah atau sering disebut tree diagram, merupakan teknik untuk memecahkan konsep apa saja, seperti kebijakan, target, tujuan, sasaran, gagasan, persoalan, tugas-tugas, atau aktivitas-aktivitas secara lebih rinci ke dalam sub-subkomponen, atau tingkat yang lebih rendah dan rinci. Pohon Masalah dimulai dengan satu item yang bercabang menjadi dua atau lebih, masing-masing cabang kemudian bercabang lagi menjadi dua atau lebih, dan seterusnya sehingga nampak seperti sebuah pohon dengan banyak batang dan cabang.
Pohon Masalah juga menggambarkan rangkaian hubungan sebab akibat dari beberapa faktor yang saling terkait. Pohon Masalah umum di gunakan pada tahap perencanaan.
Teori-teori yang menyimpulkan Definisi Pohon Masalah antara lain :
a.       Miller dalam Scarvada (2004) Menggunakan islitalah Issue Trees. Miller Menyatakan Issue Trees merupakan pendekatan yang membantu merinci suatu masalah kedalam komponen-komponen penyebab utama dalam rangka menciptakan rencana kerja proyek.
b.      Silverman (1994) menggunakan istilah Tree Diagram dan menyatakan diagram sistematik atau diagram pohon dirancang untuk mengurutkan hubungan sebab-akibat.
c.       Modul Pola Kerja Terpadu (2008) Menggunakan istilah Pohon Masalah yang merupakan bagian dari analisi pohon. Analisis Pohon adalah suatu langkah pemecahan masalah dengan mecari sebab dari suatu akibat.
2.      Manfaat Pohon Masalah
Sebagai pemecah pemecah konsep apa saja, Pohon Masalah mempunyai banyak kegunaan. Pohon Masalah dapat mendeteksi apa itu penyebab masalah serta akibatnya, Pohon Masalah juga dapat mendekatkan isu-isu yang berhubungan dengan konsep masalah yang bisa membantu dalam menganalisis sebab dan akibatnya masalah tersebut.
Teori-teori yang menyimpulkan Manfaat Pohon Masalah antara lain :
a.       Duffy, dkk. (2012) menyatakan Tree Diagram merupakan suatu alat generik yang dapat diadaptasikan untuk berbagai maksud yang luas diantaranya :
·         Mengembangkan langkah-langkah logis untuk mencapai hasil yang spesifik.
·         Melakukan analisis five whys dalam mengeksplorasi penyebab.
·         Mnengkomunikasikan untuk mendorong keterlibatan dalam pengembangan hasil yang didukung bersama.
·         Menggali pada level yang lebih rinci suatu alur proses.
·         Menggambarkan secara grafik suatu perkembangan hirarkis, seperti silsilah atau skema klasifikasi.

3.      Prosedur Membuat Pohon Masalah
a. Buat draft pernyataan sasaran (goal statement)
Buat suatu pernyataan sasaran, proyek, rencana, masalah, atau persoalan lain yang sedang diselidiki. Tulis persoalan tersebut pada bagian paling atas (untuk tree diagram vertikal) atau pada bagian paling kiri (untuk tree diagram horizontal).
b. Buat team yang tepat
Team harus terdiri dari dari orang-orang yang mampu berpikir analitis (bukan kreatif), dan harus memiliki pengetahuan rinci terkait topik sasaran yang sedang dibahas termasuk keahliannya dalam memecah masalah ke tingkat yang lebih rinci. Idealnya ukuran team berkisar antara 4-6 orang.
c. Buat sub-sub sasaran
Lakukan curah pendapat (brainstorming) untuk membuat batang pertama tree diagram. Hal ini berarti membuat rencana aksi (action plan) apa pada tingkat/level pertama agar pernyataan sasaran dapat tercapai. Terus ulangi hal ini pada level-level berikutnya yang lebih rinci sampai mendapatkan elemen fundamental seperti: tindakan spesifik yang dapat ditugaskan, komponen yang tidak dapat dibagi lagi, akar penyebab, atau sampai team mencapai batas keahlian mereka.
Jika kita telah membuat affinity diagram atau interrelationship diagram  sebelumnya, kita  dapat mengambil gagasan-gagasan dari sana. Tulis gagasan atau rencana aksi tersebut di bawah pernyataan pertama (untuk pohon vertikal) atau di sebelah kanan pernyataan pertama (untuk pohon horizontal). Tunjukkan hubungan antara level tersebut dengan garis panah.
d. Lakukan peninjauan
Lakukan pemeriksaan secukupnya sesuai dengan yang dibutuhkan pada setiap level, gunakan pertanyaan-pertanyan seperti berikut:
  • Apakah ada hal-hal yang terlupakan?
  • Apakah item pada setiap level telah cukup menjelaskan level diatasnya?
  • Apakah item pada setiap level memang benar-benar perlu dilakukan untuk level diatasnya?
  • Apakah tugas-tugas yang dihasilkan mengarah pada pencapaian sasaran?

4.      Informasi Penting
a.       Pohon Masalah akan memudahkan kita dalam pencarian Pencerahan Masalah dalam suatu masalah yang kita hadapi.
b.      Pohon Masalah mempunyai hasil yang spesifik dalam menunjukkan Pencerahan Masalah

5.    


CONTOH KASUS
Laporan PKL Saudara Karimin Syahrin
Yang Berjudul
SISTEM INFORMASI KANTOR TATA USAHA
PADA FAKULTAS TEKNIK
BERBASIS WEB

1.      Masalah
Saat ini kondisi Kantor Tata Usaha Fakultas Teknik Prodi Teknik Informatika yang sedang berlangsung banyak hal yang berkaitan mengenai inventaris umum, berupa surat, barang, ATK serta pengarsipanya hal itu sangat di butuhkan informasinya oleh seluruh jajaran Fakultas Teknik, Bagian-bagian yang membutuhkan informasi harus di sampaikan secara langsung harus berhadapan dengan pihak-pihak yang membutuhkan informasi tersebut dan butuh waktu dalam penyampaiannya, tapi hal itu sangat merepotkan , sering kali informasi yang di sampaikan kurang akurat dengan ketentuannya.
2.      Latar Belakang Maslah
Fakultas Teknik berdiri pada Tanggal 11 Juli 2007, sesuai dengan SK DIKTI No. 144/D/O/2008, tentang izin penyelenggaraan yang atas satu jurusan tersebut yaitu : Jurusan Teknik Informatika, yang merupakan salah satu Prodi di Universitas Gajah Putih Takengon yang selalu berperan aktif  mengukir sejarah perjuangan bangsa, mengabdikan diri bagi kepentingan tanah air melalui darma pendidikan yang membangun manusia sebagai pribadi, warga masyarakat, warga bangsa, warga negara maupun warga masyarakat dunia serta melaksanakan darma penelitian dan pengabdian pada masyarakat.
3.      Tujuan
Tujuan dari Praktek Kerja Lapangan ini adalah :
a.       Membuat sebuah sistem informasi dalam penyajian surat masuk maupun surat keluar.
b.      Meningkatkan cara kerja pada Kantor Tata Usaha Fakultas Teknik den agar lebih mudah dalam pendataan surat, barang, serta pengarsipanya.
c.       Membuat sistem pemesanan barang pada Kantor Tata Usaha Fakultas Teknik agar lebih mudah.
4.      Hasil
Hasil Dari Peraktek Kerja Lapangan Saudara Karimin Syahrin yang berjudul SISTEM INFORMASI KANTOR TATA USAHAPADA FAKULTAS TEKNIKBERBASIS WEB, mendapatkan hasil yaitu :
Memudahkan urusan yang berkaitan dengan inventaris umum, berupa surat, barang, ATK serta pengarsipanya. Karena dengan adanya Sistem Informasi yang Berbasis Web ini para Staf Akademik akan mudah mendapatkan Informasi dari Problem di atas, tanpa harus  membutuhkan waktu dalam pencariannya dan pengambilannya.

Untuk lebih lengkapnya bisa di download Di Sini
                              

{ 2 komentar... read them below or add one }

jayafurniture said...

mantap

narsiqian said...

Caesars Casino Promo Codes for Dec 2021
Caesars welcomes those that are 18 years 논산 출장마사지 of age or older to our site. Players 18 and 의왕 출장안마 over can enjoy 천안 출장샵 the best in online 여수 출장안마 gaming at Caesars  Rating: 구리 출장샵 4 · ‎Review by DRMCD

Post a Comment